PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KOTAKOTAMOBAGU DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG MASYARAKAT PADA TEMPAT WISATA DI KOTAMOBAGU

Ricky S Zulhadji, Nolly S Londa, Johnny S k

Abstract


ABSTRAK

 

Media sosial adalah platform media yang berfokus pada kehadiran pengguna untuk mendukung aktivitas dan kolaborasi pengguna. Media sosial dapat digunakan untuk berbagai kegiatan interaktif berupa media tulisan, gambar dan audiovisual. Salah satu media sosial yang bisa membuat orang melakukan sesuatu yang baru adalah Instagram. Instagram sekarang memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi orang untuk mengerjakan sesuatu yang baru, misalnya dapat meningkatkan minat seseorang terhadap sesuatu. Instagram berperan penting dalam pariwisata saat ini. Banyaknya akun yang mempromosikan tempat wisata domestik dan internasional. Untuk mengetahui bagaimana peran dari akun instagram @kotakotamobagu dalam mempromosikan tempat wisata di Kotamobagu serta minat berkunjung masyarakat ke tempat wisata khususnya wisata alam di kotamobagu. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA. Hasil penelitian ini diperoleh melalui teori AIDDA oleh Wilbur Schramm. Teori ini memiliki lima model yaitu perhatian, minat, keinginan, keputusan dan tindakan. bahwa kehadiran media sosial instagram cukup efektif dalam meningkatkan minat pengunjung. fitur-fitur yang dimiliki instagram sangat membantu pengelola akun dalam kegiatan promosi tempat wisata di kotamobagu. Dibuktikan dengan pernyataan pengunjung yang banyak mengetahui hutan kota bonawang, batu putih malelang dan air terjun molipungan melalui postingan gambar dari akun instagram @kotakotamobagu. Peran dari akun media sosial Instagram @kotakotamobagu dalam melakukan tindakan seperti kegiatan promosi dan metode promosi yang dilakukan sudah sesuai dengan teori yang digunakan yaitu teori AIDDA.

 

 

Kata Kunci: Media Sosial, Peran, Instagram


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.