PERAN GURU SEBAGAI PETUGAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MASA PANDEMI COVID – 19 ( STUDI PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BOLAANG )
Abstract
ABSTRAK
Perpustakaan merupakan salah satu sarana sekolah yang berperan menjadi pusat informasi dan sebagai sumber belajar bagi warga sekolah. Tujuan perpustakaan sekolah untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan pustaka, tetapi juga sebagai sarana yang digunakan dalam proses belajar mengajar, dengan demikian perpustakaan sekolah harus di kelolah dengan baik agar benar-benar berfungsi sebagai penunjang proses belajar mengajar. Perpustakaan sekolah harus di manfaatkan semaksimal mungkin sebagai pusat informasi dan pusat sarana rekreasi edukatif yang menyenangkan bagi penggunanya terutama para siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Peran Guru Sebagai Petugas Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMA N 1 Bolaang dimasa pandemi covid – 19 yang masih berlangsung. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai mediator, guru sebagai organisator, guru sebagai informator, guru sebagai inspirator, guru sebagai korektor. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dengan 6 (enam) informan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini. Hasil penelitian dalam pembahasan menyatakan peran guru sebagai petugas perpustakaan sekolah sudah dijalankan dan dilakukan semaksimal mungkin, walaupun hasil yang didapat masih dapat dikatakan kurang maksimal dilihat dari kurangnya minat membaca dari para siswa yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan betapa pentingnya peran guru sebagai petugas perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa yang ada di SMA N 1 Bolaang, karena melalui peran guru yang ada dapat membantu para siswa dalam memiliki minat yang lebih lagi dalam membaca terutama diperpustakaan sekolah.
Kata Kunci : Minat Baca SMA N 1 Bolaang, Peran Guru
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.