Analisis Sentimen di Media Online menggunakan metode Naive Bayes

Elizabeth Graseylla Ruus, Luther A. Latumakulita, Jantje D. Prang

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan sistem analisis sentimen pada judul berita tentang COVID-19 di media online dengan parameter positif (klasifikasi berita baik) dan negatif (klasifkasi berita buruk). Proses analisis dan klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes dengan 50 Data berita Training dan 10 Data berita Testing. Hasil eksperimen menunjukan bahwa performa dari penerapan algoritma Naive Bayes menghasilkan nilai acuracy sebesar 0,7 , nilai precision sebesar 0,6 , dan nilai recall sebesar 0,75.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35799/dc.11.1.2022.36624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 d'CARTESIAN:Jurnal Matematika dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed By:

 



 

 


e-ISSN: 2685-1083

p-ISSN: 2302-4224

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.