Pengelompokan Sekolah Dasar Di Siau berdasarkan Indikator Mutu Sekolah dengan Menggunakan Analisis Gerombol

Melisa Matahari, John Kekenusa, Yohanes Langi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: mengelompokan sekolah–sekolah dasar yang ada di siau berdasarkan indikator mutu sekolah dengan menggunakan analisis gerombol. Data Penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari 15 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten  SITARO.Analisis Gerombol merupakan Analisis Statistik yang digunakan untuk mengelompokkan n objek pengamatan ke dalam k buah  kelompok dimana anggota–anggotanya memiliki karakteristik yang serupa dalam satu atau lebih dari satu gerombol Hasilnya menunjukkan bahwa, terbentuk tiga kelompok atau gerombol yaitu anggota kelompok pertama adalah SD Nasaret Niambangeng, SD Kinali, SD Pniel Kawahang, SD Bethabara Paseng, SD Baitesda Bumbiha, SD Eirene Hiung dan SD Khatolik Ondong dengan indikator mutu yang unggul adalah nilai rata–rata HUN, kondisi bangunan sekolah, banyaknya jenis ruangan, Jumlah eksemplar buku pegangan siswa terhadap jumlah siswa per mata  pelajaran, Jumlah eksempalar buku pegangan guru permata pelajaran, rasio jumlah siswa terhadap guru, dan rasio jumlah pendaftaran terhadap jumlah yang diterima. Anggota kelompok kedua adalah SD Lehi, SD Mini dan SD Inpres Pehe dengan indikator mutu yang unggul adalah nilai rata–rata HUN, kondisi bangunan sekolah dan banyaknya jenis ruangan. Anggota kelompok ketiga adalah SD Immanuel Ondong, SD Inpres Peling, SD Inpres Paniki, SD Bukide dan SD Nayarmon Nameng dengan indikator mutu sekolah yang unggul adalah jumlah perlengkapan sekolah.

Kata kunci: Analisis Gerombol, Indikator Mutu Sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 Indexed By:

 



 

 


e-ISSN: 2685-1083

p-ISSN: 2302-4224

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.