GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG PENCABUTAN GIGI DI SMP NEGERI 2 LANGOWAN

Gisela Harlindong, Ni Wayan Mariati, Bernat Hutagalung

Abstract


Abstract: Tooth extraction is one of the best solution to prevent the occurrence of abnormalities in the oral cavity. Tooth extraction often experience barriers, obstacles commonly occur in efforts dental care due to lack of knowledge of the people against the tooth extraction. The purpose of this study to describe the level of students' knowledge of tooth extraction in SMP Negeri 2 Langowan. This is a descriptive study with a total sample of 198 students taken by Slovin formula. The results showed that the students' knowledge of tooth extraction in SMP Negeri 2 Langowan in say less because of the students who answered correctly from the scoring just get a score of 822, or by 46.1%, while the students who answered incorrectly by 53.9%. It takes the role of the government, schools and parents to improve the students' knowledge of oral health.

Keywords: knowledge, tooth extraction.

 

 

Abstrak: Pencabutan gigi merupakan salah satu solusi terbaik untuk mencegah terjadinya kelainan-kelainan dalam rongga mulut. Pencabutan gigi kadang mengalami hambatan, umumnya hambatan yang terjadi pada upaya pelayanan kesehatan gigi akibat dari kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pencabutan gigi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan siswa tentang pencabutan gigi di SMP Negeri 2 Langowan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 198 siswa yang diambil dengan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang pencabutan gigi di SMP Negeri 2 Langowan di katakan kurang oleh karena siswa yang menjawab dengan benar dari hasil skoring hanya mendapatkan skor 822 atau sebesar 46,1 % sedangkan siswa yang menjawab salah sebesar 53,9%. Persentase pengetahuan siswa tentang indikasi pencabutan gigi sebesar 50%, Persentase pengetahuan siswa tentang kontra indikasi pencabutan gigi sebesar 47,2%. Persentase pengetahuan siswa tentang manfaat pencabutan gigi sebesar 38,9%. Persentase pengetahuan siswa tentang efek samping gigi yang merupakan indikasi tetapi tidak dicabut sebesar 46,6%.

Kata kunci: pengetahuan, pencabutan gigi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35790/eg.2.2.2014.5779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
View e-GiGi Stats