Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D menggunakan OpenGL
Abstract
Grafika Komputer adalah bagian dari ilmu
komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi
gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika
komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian
berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra
(image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah
visualisasi data. Grafik meliputi gambar dan pencitraan lain
yang dihasilkan oleh komputer berbentuk garis, lengkungan,
kurva dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkan
pencitraan dalam sejumlah pixel, dan printer dot matrix akan
mencetak citra/gambar tersebut dalam sejumlah titik.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API
yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis
grafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D).
OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan
pada berbagai platform sistem operasi yang ada saat ini.
Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL,
terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing
dalam implementasinya pada proteksi objek. Salah satu cara
yang sudah umum digunakan adalah dengan
membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat
konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool
tertentu. Yang kita gunakan kali ini adalah GLUT (OpenGL
Utility Toolkit). GLUT dipilih karena di dalamnya telah
terdapat banyak fungsi yang dapat dipakai untuk pembuatan
application window. Disamping itu, windowing pada GLUT
juga bersifat independen terhadap sistem operasi, sehingga
kita tidak perlu repot-repot untuk mengubah kode program
jika diterapkan pada sistem operasi yang berbeda.
komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi
gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika
komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian
berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra
(image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah
visualisasi data. Grafik meliputi gambar dan pencitraan lain
yang dihasilkan oleh komputer berbentuk garis, lengkungan,
kurva dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkan
pencitraan dalam sejumlah pixel, dan printer dot matrix akan
mencetak citra/gambar tersebut dalam sejumlah titik.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API
yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis
grafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D).
OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan
pada berbagai platform sistem operasi yang ada saat ini.
Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL,
terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing
dalam implementasinya pada proteksi objek. Salah satu cara
yang sudah umum digunakan adalah dengan
membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat
konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool
tertentu. Yang kita gunakan kali ini adalah GLUT (OpenGL
Utility Toolkit). GLUT dipilih karena di dalamnya telah
terdapat banyak fungsi yang dapat dipakai untuk pembuatan
application window. Disamping itu, windowing pada GLUT
juga bersifat independen terhadap sistem operasi, sehingga
kita tidak perlu repot-repot untuk mengubah kode program
jika diterapkan pada sistem operasi yang berbeda.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jtek.1.2.2012.595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Published by Electrical Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado
Print-ISSN : 2301-8402 Electronic-ISSN: 2685-368X
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer (JTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :