PENGARUH BAURAN PEMASARAN, CELEBRITY ENDORSMENT DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY PADA MAHASISWA FEB UNSRAT MANADO

Mohamad Rizal Dinggon, Bode Lumanauw, Irvan Trang

Abstract


Pemasaran merupakan suatu program untuk mengenalkan produk yang akan diperjualbelikan kepada konsumen untuk mencapai keuntungan sesuai dengan tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial dari Bauran Pemasaran, Celebrity Endorsment, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian smartphone Samsung Galaxy pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang berlokasi di FEB Unsrat Manado.  Populasi 1.200 mahasiswa sampel 93 responden, menggunakan rumus Slovin. Analisis data yaitu: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi linear berganda, serta uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: Bauran Pemasaran, Celebrity Endorsement, dan Gaya Hidup secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil penelitian menunjukkan: Bauran Pemasaran dan Celebrity Endorsment memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan Gaya Hidup tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan hasil penelitian ini dimana Bauran Pemasaran dan Celebrity Endorsment merupakan faktor penting dan utama dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen khususnya dikalangan mahasiswa.

Kata kunci: bauran pemasaran, celebrity endorsment, gaya hidup, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.