ANALISIS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Febriany Feibe Rosaline Tuerah, Lisbeth Mananeke, Hendra N. Tawas

Abstract


Masalah utama yang sering dikritisi khalayak ramai dewasa ini adalah kualitas. Untuk sektor yang bergerak dibidang jasa, kualitas pelayanan memegang peran penting. Kualitas pelayanan erat kaitannya dengan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dianggap sebagai masalah utama perusahaan yang harus dipecahkan setidaknya untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Kualitas layanan yang dimaksudkan adalah kualitas layanan akademik yang berorientasi pada tenaga pendidik (Dosen) sebagai pemberi jasa, dan kualitas layanan administrasi dalam hal ini tenaga kependidikan (pegawai administrasi) yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsrat Manado. Menyadari pentingnya hal ini, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan akademik dan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa FEB Unsrat secara simultan dan parsial dengan menggunakan metode asosiatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa FEB Tahun Akademik Ganjil 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan akademik memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dan kualitas layanan administrasi berpengaruh negatif terhadap kepuasan mahasiswa. Pimpinan FEB Unsrat sebaiknya meningkatkan pelayanan yang ada di fakultas, baik layanan akademik maupun adminstrasi sehingga para mahasiswa dapat terlayani dengan baik.

Kata kunci: kualitas layanan akademik, kualitas layanan administrasi, kepuasan mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.4.2015.10920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.