ANALISIS GREEN PRODUCT DAN GREEN MARKETING STRATEGY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP DI MANADO TOWN SQUARE

Fahlis Ahmad, Joyce Lapian, Agus Supandi Soegoto

Abstract


Abstrak : Pemasaran hijau (green marketing) akhir-akhir ini sudah merupakan trend di berbagai negara. Produk hijau (green product) semakin diminati karena pergeseran pola hidup dari produk yang instan ke produk yang menggunakan bahan alami dan baik untuk lingkungan. Untuk memenangkan persaingan perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat untuk  memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Green Product dan Green Marketing Strategy secara simultan dan parsial apakah berpengaruh terhadap pembelian produk The Body Shop di Manado Town Square. Sampel penelitian berjumlah 75 responden dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Product dan Green Marketing Strategy secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial Green Product berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan Green Marketing Strategy memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji signifikansi, ternyata konsumen lebih tertarik dengan kemasan dan bentuk produk yang ditawarkan maka manajemen perusahaan sebaiknya mempertahankan kualitas produknya dibanding dengan memperhatikan strategy pemasaran.

Kata kunci : green product, green marketing strategy, pembelian produk


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.