ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT UNTUK PERENCANAAN LABA PADA UD. GUNUNG EMAS MANADO

Elizabeth Esternorlita Worotitjan, Hendrik Manossoh

Abstract


Laba menjadi salah satu indikator untuk menilai kinerja perusahaan. Untuk bisa mencapai laba yang ditargetkan maka perlu adanya perencanaan laba. Adanya perencanaan laba memungkinkan perusahaan untuk mengendalikan biaya bahkan dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dalam perusahaan. Analisis cost-volume-profit (biaya-volume-laba) merupakan suatu alat yang sangat berguna untuk perencanaan laba dan pengambilan keputusan yang menekankan keterkaitan antara biaya, volume penjualan dan harga. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana cost-volume-profit tahun 2014-2015 dan bagaimana perencanaan laba dengan menggunakan analisis cost-volume-profit tahun 2016 pada UD. Gunung Emas Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan analisis cost-volume-profit tahun 2014-2015 UD. Gunung Emas Manado mengalami penurunan laba (namun belum menderita kerugian) dikarenakan volume penjualan berkurang sementara biaya tetap naik. Melalui analisis cost-volume-profit dapat diketahui penjualan minimum untuk mencapai laba yang ditargetkan tahun 2016. Sebaiknya manajemen  perusahaan dapat menerapkan analisis cost-volume-profit dalam perencanaan laba.

 

Kata kunci : analisis cost-volume-profit, perencanaan laba


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.