EVALUASI SISTEM PENCATATAN BELANJA LANGSUNG PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN MINAHASA TENGGARA
Abstract
Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah merupakan rangkaian sistematik dari prosedur penyelenggara, peralatan dan elemen lain untuk mewujudkan fungsi akuntansi sejak analisis transaksi sampai dengan pelaporan keuangan dilingkungan organisasi pemerintah daerah. Belanja dapat dikategorikan dalam dua hal yaitu belanja langsung dan belanja tidak langsung. Belanja langsung terdiri dari belanja langsung gaji dan tunjangan, belanja langsung barang dan jasa dan belanja modal. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah sistem pencatatan belanja langsung pada Dinas PU Kabupaten Minahasa Tenggara telah memadai sesuai prosedur. Hasil penelitian menunjukkan sistem pencatatan belanja langsung pada Dinas PU Kabupaten Minahasa Tenggara telah memadai. Pimpinan Dinas PU Kabupaten Minahasa Tenggara sebaiknya mempertahankan pencatatan belanja langsung yang sudah memadai, dan yang belum memadai diperbaiki.
Kata kunci : sistem, belanja langsung, evaluasi, pengendalian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.