ANALISIS PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KARTU KREDIT PT. BANK MANDIRI TBK. MANADO
Abstract
Secara umum persaingan yang semakin ketat menuju Masyarakat Ekonomi Asean 2016, menyebabkan perusahaan harus mampu menciptakan stategi harga, lokasi, promosi, dan kualitas pelayanan yang baikdalam melakukan promosi dengan tepat tentunyaakan membuat konsumennya senang dan nyaman. Kepuasan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah produk, harga, lokasi, promosi, berpengaruh secara bersama dan parsial terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu kredit di Bank Mandiri Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi dan sampel penelitian konsumen kartu kredit Bank Mandiri Cabang Manado. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi linear sederhana. Hasil penelitian yaitu: bauran pemasaran terdiri dari produk, harga, lokasi, serta promosi secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kartu kredit Bank Mandiri. Bauran produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu kredit. Bauran produk merupakan variabel pertama dari empat variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Bauran harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Bauran lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu kredit. Bauran promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu kredit. Bauran promosi merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu kredit Bank Mandiri Manado.
Kata kunci : bauran produk, harga, lokasi, promosi, kepuasan konsumen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.2.2016.12545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.