ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMASARAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KAPABILITAS PEMASARAN DAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Wirausaha Industri Rumah Kayu Kota Tomohon)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kapabilitas pemasaran, pengaruh kompetensi pengetahuan pemasaran terhadap kapabilitas pemasaran, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran, pengaruh kompetensi pengetahuan pemasaran terhadap kinerja pemasaran, pengaruh kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha (wirausaha) rumah panggung.Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 73 wirausaha rumah panggung. Sampel diambil dengan cara sampling jenuh.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwapengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kapabilitas pemasaran secara parsial tidak signifikan.Pengaruh kompetensi pengetahuan pemasaran terhadap kapabilitas pemasaran secara parsial signifikan. Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara parsial signifikan. Pengaruh kompetensi pengetahuanterhadapkinerja pemasaran secara parsial tidak signifikan. Pengaruh kapabilitas terhadap kinerja pemasaran secara parsial signifikan. Sebaiknya para wirausaha rumah kayu perlu mempertahankan kinerja pemasaran sehingga dapat memberikan kualitas layanan yang cepat dan akurat dalam merespon dan menyelesaikan komplain pelanggan.
Kata kunci: kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan, kapabilitas pemasaran, kinerja pemasaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.13672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.