ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KUNCI YANG MEMPENGARUHI PERSAINGAN USAHA RITEL (STUDI PADA: INDOMARET KOTA MANADO)

Julio Fernando Lapian, Silvya L Mandey, Ruddy S Wenas

Abstract


Abstrak: Perkembangan bisnis pada era globalisasi ini tidak dapat dipungkiri merupakan imbas dari persaingan yang semakin ketat dalam memasarkan produk dan jasa. Setiap perusahaan dituntut untuk selalu berusaha keras dalam berinovasi terhadap produk maupun jasanya agar mampu bertahan dari persaingan dan mampu menarik perhatian dari calon konsumen. Dimana kondisi persaingan usaha ritel di Kota Manado saat ini berkembang sangat pesat dengan munculnya para perusahan ritel baru.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor kunci yang mempengaruhi persaingan usaha ritel di Kota Manado khususnya pada indomaret. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis faktor. Dengan responden sebanyak 82 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk adalah faktor yang paling tinggi mempengaruhi persaingan usaha ritel. Produk, harga dan lokasi merupakan faktor yang mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap persaingan usaha ritel. Sedangkan promosi dan pelayanan memiliki pengaruh paling rendah terhadap persaingan usaha di Kota Manado.

 

Kata kunci: produk, harga, tempat, promosi, pelayanan, persaingan usaha ritel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.