ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KUNCI PENGGUNAAN INTERNET BANKING (Studi Kasus Pada PT. BNI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Manado)

Indria Stevani Kiling, David. P.E. Saerang, Joubert Maramis

Abstract


Abstrak: Strategi bank untuk menghasilkan inovasi baru demi menarik perhatian dan mempertahankan nasabah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bentuk penyajian data dan informasi perbankan dengan memanfaatkan teknologi internet adalah berupa layanan internet banking yang merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan untuk menarik dan mempertahankan nasabah agar bank tersebut mampu bersaing di industri perbankan saat ini. Untuk memaksimalkan layanan internet banking yang diberikan kepada nasabah, maka perlu diketahui apa sajakah faktor-faktor kunci atau faktor-faktor penting yang harus ada dan dikembangkan dalam internet banking sehingga dapat bermanfaat pada penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor kunci yang mempengaruhi kepuasan nasabah pengguna layanan BNI Internet Banking, sehingga dapat memberikan informasi kepada pihak bank mengenai kualitas layanan yang diberikan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor eksploratori dengan bantuan program SPSS. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 faktor baru yang terbentuk dari variabel awal penelitian. Ketiga faktor baru di atas, memenuhi kriteria, dengan total kumulatif varians yang menunjukkan ketiganya memiliki kontribusi yang cukup besar.

Kata Kunci: Bank, Internet Banking, Faktor-faktor Kunci


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.