ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MIE INSTANMEREK INDOMIE
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah 1. Apakah faktor budaya berpengaruh terhadap keputuasan pembelian makanan mie instan merk indomie, 2. Apakah faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merk indomie. 3. Apakah faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merk indomie, 4. Apakah faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie istan merk indomie 5. Apakah faktor budaya, sosial pribadi, dan psikologis berpangaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merk indomie. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian, teknik pengumpulan data adalah mengunakan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrument penelitian mengunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan relaibilitas sedangkan analisis data mengunakan analisis regresi linear berganda. Secara parsial diketahui bahwa nilai signifikan: faktor budaya sebesar 0,197, faktor sosial sebesar -0,014, faktor pribadi sebesar 0,327, faktor psikologis sebesar 0,386, sedangkan secara simultan nilai signifikan sebesar 0,000. Untuk faktor Sosial ditemukan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merek Indomie. Secara simultan faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merek Indomie.
Kata kunci : budaya, sosial, pribadi, psikologis dan keputusan pembelian.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.14570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.