PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUMAHAN GRIYA PANIKI INDAH MANADO

Alvaris Edward Pandesia, Ivonne S Saerang, Jacky S.B Sumarauw

Abstract


ABSTRAK: Kebutuhan manusia yang mendasar dalam hidup adalah kebutuhan primer (sandang, pangan dan papan). Dari berbagai kebutuhan primer tersebut contoh dari kebutuhan papan yaitu tempat tinggal atau rumah. Perkembangan bisnis saat ini mulai bertumbuh pesat seperti halnya bisnis yang bergerak dibidang perumahan, yang menyediakan tempat tinggal dengan dilengkapi oleh berbagai fitur dan juga pelayanan. Peran manajemenpun dalam perumahan tentunya haruslah baik namun tidak hanya baik tapi juga haruslah cermat, tepat dan sesuai dengan kualitas dan pelayanan yang disediakan perumahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah random sampling dan accident sampling. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Berdasarkan hasil pengujiannya ditemukan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan manajemen khususnya untuk meningkatkan kepuasan konsumen lewat kualitas produk dan kualitas layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.