ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PASAR PINASUNGKULAN KAROMBASAN MANADO)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan faktor psikologis yaitu motivasi, presepsi, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk makanan di pasar tradisional. Jenis penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah penduduk kota manado yang rutin berbelanja kebutuhan pokok makanan di pasar Pinasungkulan Karombasan Manado dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Motivasi memiliki dampak yang pasif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 2) Persepsi konsumen memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 3) Sikap memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Sikap, Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Sikap, Keputusan Pembelian.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16635
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.