PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN, SIKAP KONSUMEN TERHADAP NIAT PEMBELIAN DARI PRODUK LABEL SENDIRI DI INDOMARET MANADO
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen, sikap terhadap niat pembelian produk label sendiri Di Indomaret. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kausal. Ini juga disebut sebagai penelitian eksplanatori. Studi ini diadakan di masyarakat Manado, pada bulan Januari sampai Maret 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Indomaret Manado. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, model analisis regresi dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis khususnya model penelitian ditemukan bahwa model penelitian yang terdiri dari: persepsi konsumen, dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Model ini berlaku untuk produk ritel label sendiri Indomaret di Manado. Persepsi konsumen dan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk label sendiri di Indomaret Manado. Persepsi konsumen menjadi variabel dampak tertinggi kedua pada niat beli dalam penelitian ini. Sikap konsumen menjadi variabel dampak paling tinggi terhadap kepuasan pelanggan dalam penelitian ini. Rekomendasi adalah: perusahaan waralaba berbasis ritel seperti Indomaret harus memperhatikan temuan penelitian ini. Hal ini memusatkan perhatian pada berbagai faktor yang mempengaruhi niat beli, terutama produk label sendiri di Indomaret. Hal ini penting karena produk label sendiri adalah produk yang menjadi produk dengan merek Indomaret yang memiliki margin keuntungan lebih tinggi dibandingkan produk di luar label pribadi Indomaret.
Kata Kunci : preferensi konsumen, proses hirarki analitis, kendaraan offroad kabin ganda
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.