CONSUMER PREFERENCES OF OFFROAD DOUBLE CABIN VEHICLE IN MANADO USING AHP METHOD (CASE STUDY: TOYOTA HILUX, ISUZU D-MAX AND MITSUBISHI STRADA TRITON)
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui pelanggan dalam memilih dan menentukan kendaraan offroad kabin ganda yang paling disukai di Manado. Penelitian dilakukan di Manado, pada Agustus 2016. Penelitian menggunakan pelanggan yang memiliki pengalaman mengendarai sebagai responden: Toyota Hilux, Isuzu D-Max dan Mitsubishi Strada Triton. Sampling menggunakan purposive sampling dengan 30 responden yang memiliki pengalaman dengan Toyota Hilux, Isuzu D-Max, dan Mitsubishi Strada Triton. Analisis data menggunakan proses hirarki analitik (AHP). Hasil penelitian: preferensi konsumen kendaraan kabin roda dua di Manado, dipengaruhi oleh: atribut kualitas produk, atribut harga, atribut interior, dan atribut kenyamanan. Preferensi konsumen merek kendaraan adalah: Toyota Hilux, Isuzu D-Max, serta Mitsubishi Strada Triton, dengan mayoritas responden adalah pria, 31 sampai 40 tahun, sarjana, dan pendapatan antara
Rp 5 juta-7,5 juta. Faktor dominan mempengaruhi preferensi konsumen kendaraan double cabin di Manado adalah atribut harga dan diikuti oleh atribut kenyamanan, atribut interior dan atribut kualitas produk. Preferensi konsumen terhadap merek kendaraan offroad double cabin adalah Toyota Hilux. Rekomendasi: perusahaan otomotif yang mendistribusikan kendaraan off road kabin ganda harus memperhatikan temuan penelitian ini. Temuan ini mengidentifikasi preferensi konsumen yang mengungkapkan pilihan dan memiliki dampak yang besar terhadap kinerja keseluruhan perusahaan, terutama di segmen kendaraan offroad kabin ganda.
Kata Kunci : preferensi konsumen, proses hirarki analitis, kendaraan offroad kabin ganda
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.