ANALISIS SEGMENTATION, TARGETING DAN POSITIONING KARTU KREDIT (STUDI PADA PENGGUNA KARTU KREDIT BRI-TOUCH PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK (PERSERO) KANTOR WILAYAH MANADO)

Yishak G.G. Wowiling, Altje L. Tumbuan, Rudy S Wenas

Abstract


 

Abstrak: Memenangkan persaingan pasar, tidak hanya sebatas menyusun bauran pemasaran sebagai taktik, namun lebih dari itu juga penting untuk menyusun strategi segmenting, targeting market, dan positioning yang diinginkan oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap pengguna kartu kredit BRI-Touch di Manado dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui segmentation, targeting dan positioning dari kartu kredit BRI-Touch. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif di mana ruang lingkupnya menyangkut tentang segmen, target, dan posisi produk. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling. Kuesioner yang dibagikan sebanyak 130. Alat analisis yang digunakan adalah cluster analysis dan crosstab analysis untuk segmentasi, sedangkan untuk positioning digunakan alat analisis multidimensional scaling (MDS). Dari hasil cluster analysis, terbentuk 3 cluster segmentasi berdasarkan demografi. Berdasarkan segmentasi demografi dan segmentasi perilaku yang didasarkan pada manfaat terbentuk juga 3 cluster. Hasil analisa multidimensional scaling menunjukkan gambaran posisi kartu kredit BRI-Touch yang dibandingkan dengan pesaingnya.

 

Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi Pasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.