PENGARUH PEMASARAN JASA DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SMA KATOLIK REX MUNDI MANADO
Abstract
ABSTRAK: Di zaman yang serba canggih dan modern saat ini pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia, karena dengan pendidikan manusia mendapatkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menavigasi dunia. Tanpa pendidikan manusia tidak akan mampu membaca, menulis, menghitung atau berkomunikasi. Menyadari tingkat keputusan siswa dalam memilih sekolah SMA Katolik Rex Mundi yang setiap tahun mengalami kenaikan dan penurunan siswa. Menjadi salah satu masalah dari pihak sekolah untuk tetap mempertahankan jumlah siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemasaran jasa dan persepsi terhadap kepuasan siswa. Jenis penelitian asosiatif. Tempat penelitian di SMA Katolik Rex Mundi Manado. Populasi penelitian ini berjumlah 722. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam model penelitian ditemukan bahwa variabel pemasaran jasa dan variabel persepsi memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa secara simultan dan parsial.
Kata Kunci : pemasaran jasa, persepsi, kepuasan Siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.