PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA AJB BUMIPUTERA 1912 DI MANADO CABANG SAM RATULANGI

Sari Heny Koampa, W.J.F Alfa Tumbuan, Fitty Valdi Arie

Abstract


Abstrak : Kegiatan pada umunnya untuk mengetahui dan menganalisa mengapa seorang nasabah perlu ke asuransi tersebut. Dengan kata lain, pihak asuransi secepat mungkin mengaktualisasi setiap harapan dan keinginan nasabah adalah kunci keberhasilan yang menjadikannya berbeda dari para pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pada nasabah AJB Bumiputera 1912 Manado Cabang Sam Ratulangi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah sam ratulangi yang berjumlah 663 orang. Jumlah sampel 87 nasabah dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Metode yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah. Variabel kualitas produk berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah.
Kata kunci : Brand Image, Kualitas Produk dan Loyalitas Nasabah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.