ANALISIS HUBUNGAN PAJAK REKLAME TERHADAP PAD DAN PAJAK DAERAH DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Ricky M. Tilaar

Abstract


ABSTRAK

Reklame  Adalah benda atau alat, yang menurut bentuk susunan ragamnya dengan maksud untuk mencari keuntungan, digunakan untuk memperkenalkan, suatu barang, jasa atau seseorang yang ditempatkan atau yang dapat dilihat, di suatu tempat  umum, kecuali yang dilakukan oleh pemeritah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pendapatan dari pajak reklame pada peningkatan pendapatan daerah dan pajak daerah di kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Selatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah metode analisis korelasi (hubungan). Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, maka data terkumpul diestimasi menggunakan metode analisis korelasi (hubungan). Berdasarkan hasil analisis korelasi (hubungan) menunjukan persamaan PAD = ά + β PajakReklame + €, Pajak Daerah = ά + β PajakReklame + €. Memberikan pengertian bahwa hubungan antara pajak reklame dan pendapatan asli daerah adalahl emah dan tidak berpengaruh. Dalam arti bahwa pajak reklame belum memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pendapatan asli daerah. Sebaliknya juga pajak reklame dan pajak daerah adalah rendah dan tidak berpengaruh. Dalam arti bahwa pajak reklame belum memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pajak daerah.

Kata kunci: pajak reklame, pendapatan asli daerah, pajak daerah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.