FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PADA MASKAPAI PENERBANGAN PT. GARUDA INDONESIA CABANG MANADO
Abstract
Abstrak : Seiring perkembangan dunia usaha baik jasa maupun sector industry dewasa ini yang semakin meningkat, permintaan jasa penerbangan pun semakin banyak, perusahaan industri penerbangan terus meningkatkan, dan mengembangan jaringan penerbangan hingga ke pelosok kota maupun desa di seluruh Indonesia. Sebagian besar tujuan penerbangan mencakup kota-kota pertumbuhan ekonomi dan wisata baru di wilayah barat dan timur Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi diferensiasi, dan Promosi terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa Garuda Indonesia di kota Manado, sedangkan jumlah sampel yang diteliti adalah 70 responden. Teknik samplingnya adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Alat analisis yang digunaka adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa variabel strategi diferensiasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada maskapai Garuda Indonesia, sedangkan variabel promoisi tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada maskapai Garuda Indonesia. Jika manajemen Garuda Indonesia ingin mempertahankan kepercayaan dari konsumen atau pengguna jasa penerbangan, maka promosi harus lebih ditingkatkan, agar maskapai Garuda Indonesia tetap menjadi maskapai yang banyak digunakan oleh seluruh masyarakat Sulawesi Utara secara khusus masyarakat di kota Manado.
Kata Kunci : strategi, diferensiasi, promosi, dan keunggulan bersaing
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.