ANALISIS DAYA SAING PRODUK KUE TRADISIONAL KHAS SULAWESI UTARA (STUDI KASUS PELAKU USAHA MIKRO KUE TRADISIONAL DI AIRMADIDI)

Marthin Thomas Mumbunan, Ferdy . Roring

Abstract


Abstrak: Daya saing produk merupakan kunci kesuksesan bagi para pelaku usaha. Di era modern sekarang ini, pelaku usaha harus bisa menciptakan produk yang memiliki daya saing agar dapat bertahan atau bahkan unggul dalam pasar. Melalui upaya efisiensi biaya, mendorong kualitas produk yang bersifat resisten, pengoptimalan waktu dalam proses operasi serta menciptakan produk yang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan dan atau keinginan konsumen yang beragam, pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas yang merupakan cerminan dari daya saing produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis daya saing produk kue tradisional khas Sulawesi Utara yang dihasilkan pelaku usaha di Airmadidi. Penelitan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memaparkan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing produk kemudian data yang diperoleh digunakan dalam menghitung tingkat produktivitas dan profitabilitas pelaku usaha untuk mengukur daya saing produk. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk kue tradisional khas Sulawesi Utara yang dihasilkan para pelaku usaha di Airmadidi dinyatakan berdaya saing. Hal ini didukung hasil perhitungan tingkat produktivitas dan profitabilitas yang stabil dan cenderung meningkat.

Kata kunci: daya saing, produk.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i1.19320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.