ANALISIS PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL SWISS BELL MALEOSAN MANADO
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh green marketing dan corporate social responsibility terhadap keputusan menginap di hotel Swiss Bell Maleosan Manado. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di hotel Swiss Bell Maleosan Manado, dengan sampel sebanyak 50 responden yang di ambil dengan menggunakan Teknik Aksidental Sampling dimana dalam teknik ini dilakukan dengan cara siapa saja yang bertemu dengan peneliti dan dianggap cocok di jadikan sampel ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, green marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di hotel Swiss Bell Maleosan Manado, sedangkan secara parsial corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di hotel Swiss Bell Maleosan Manado. Hasil uji secara simultan menunjukan bahwa green marketing dan corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di hotel Swiss Bell Maleosan Manado. Pihak hotel sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan strategi green marketing yang sudah diterapkan, dan memperhatikan kembali tanggung jawab sosial perusahaan agar dapat meningkatkan jumlah konsumen yang menginap dihotel Swiss Bell Maleosan Manado.
Kata Kunci : green marketing, corporate social responsibility, keputusan menginap
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.