PENGARUH KEBUTUHAN, GAYA HIDUP, DAN CITRA MEREK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DI WARUNG KOPI VAN OMMEN COFFEE MANADO

Louis David Kuinang, Silcyljeova . Moniharapon, Agus S. Soegoto

Abstract


Abstrak: Di Manado, bisnis kedai kopi atau rumah kopi sangat berkembang pesat. Sudah banyak kedai kopi yang dibuat seperti di dalam mall dan kedai khusus yang beroperasi di suatu lokasi. Van Ommen Coffee merupakan salah satu rumah kopi berbasis food truck yang saat ini beroperasi di Manado, yaitu di Kawasan Mega Mas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebutuhan, gaya hidup, dan citra merek terhadap pengambilan keputusan konsumen di Van Ommen Coffee Manado. Kebutuhan dapat mendorong seseorang untuk membeli barang atau pun jasa yang dapat memberikan kepuasaan konsumen. Gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Citra merek menjadi salah satu faktor pendorong konsumen untuk melakukan pembelian, semakin baik citra merek, maka semakin tinggi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode analisa regresi berganda dengan total sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebutuhan, gaya hidup, dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen di Van Ommen Coffee secara simultan dan parsial. Sebaiknya manajemen Van Ommen Coffee memperhatikan kebutuhan konsumen untuk minum kopi sehingga keputusan konsumen untuk menggunakan kopi Van Ommen Coffee akan meningkat di masa yang akan datang.

 

Kata Kunci: kebutuhan, gaya hidup, citra merek, pengambilan keputusan konsumen

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.