ANALISIS PELAYANAN KONSUMEN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEDAI KOPI MAXX COFFEE CABANG HOTEL ARYADUTA MANADO
Abstract
Abstrak: Dunia bisnis di era globalisasi dan pasar bebas mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai upaya agar dapat terus berkembang, meningkatkan kinerja, dan profitabilitas. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Pemasaran ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Konsumen dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi berganda yaitu koefisien determinasi, uji T dan uji F. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen tetap Maxx Coffee setiap bulan sebanyak 120, dan sampel yang diambil sebanyak 92. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan Konsumen dan Fasilitas secara simultan dan parsial memiliki pengaruh terhadap keberhasilan dan kegagalan pada Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Maxx Coffee Cabang Hotel Aryaduta Manado. Hal ini dapat dilihat dari besarnya pengaruh positif dari Pelayanan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Kopi Cabang Hotel Aryaduta Manado. Pelayanan bahkan Fasilitas yang diberikan sebaiknya memenuhi standart dan keinginan dari pada konsumen akan menciptakan Kepuasan pada Konsumen.
Kata Kunci: pelayanan konsumen, fasilitas, kepuasan konsumen dan analisis regresi berganda.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.