ANALISIS PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN SECARA IMPULSIF PADA TOKO BUKU GRAMEDIA (PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA) DI MANADO
Abstract
Abstrak: Keanekaragaman produk yang beredar di pasar dan kegiatan produsen yang cukup intensif dalam memasarkan produk yang dihasilkan, dikarenakan perkembangan dunia usaha saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat sehingga tingkat persaingan semakin ketat, tidak lain bertujuan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen maka program pemasaran yang handal menjadi kunci utama dalam memenangkan persaingan. Menyingkapi hal ini pengusaha ritel harus lebih memperhatikan promosi penjualan dan store atmosphere (suasana toko) yang mampu menarik konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh promosi penjualan dan store atmosphere terhadap perilaku pembelian secara impulsive. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yang merupakan konsumen toko buku Gramedia Manado yang melakukan pembelian tidak direncanakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen kuesioner. Hasil penelitian ini secara simultan dan parsial menujukkan bahwa promosi penjualan dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan pada perilaku pembelian secara impulsif. Dengan demikian untuk mempertahakannya, sebaiknya manajemen toko buku Gramedia Manado lebih meningkatkan lagi promosi penjualan dan store atmosphere agar konsumen merasa aman dan nyaman sehingga meningkatkan perilaku pembelian secara impusif (pembelian tidak terencana).
Kata Kunci : promosi penjualan, suasana toko, perilaku pembelian secara impulsif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.