PENGARUH PERUBAHAN ORGANISASI, BUDAYA ORGANISASI DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR OTORITAS BANDAR UDARA WILAYAH VIII MANADO
Abstract
Abstrak: Budaya organisasi yang ada menjadi faktor yang mempengaruhi kinerja, karena dengan adanya budaya kerja yang baik maka membuat organisasi lebih stabil, maju dan memiliki nilai-nilai kerja yang baik. Selanjutnya etos kerja yang berkaitan dengan sikap dan kepribadian pegawai yang memiliki pandangan yang berbeda-beda akan pekerjaan yang dilakukan, sehingga mempengaruhi hasil pekerjaan pada setiap pegawai kantor OTBAN Wilayah VIII Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan organisasi, budaya organisasi dan etos kerja terhadap kinerja pegawai dengan menggunakan indikator-indikator yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 46 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa secara simultan perubahan organisasi, budaya organisasi dan etos kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Secara parsial perubahan organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, budaya organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, dan etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado sebaiknya memperhatikan variabel perubahan organisasi,budaya organisasi, dan etos kerja agar kinerja pegawai semakin baik.
Kata Kunci : perubahan organisasi, budaya organisasi, etos kerja, kinerja pegawai
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20915
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.