ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN DIVERSIFIKASI SEGMEN BISNIS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC
Abstract
Abstrak: Perkembangan dunia usaha di era globalisasi ini membuat persaingan antar perusahaan pun semakin meningkat.Perusahaan melakukan suatu strategi guna menarik para investor dan juga para calon investor.Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan ialah dengan diversifikasi usaha. Analisis rasio menggambarkan suatu hubungan atau perimbangan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lainnya yang bermanfaat bagi manajemen untuk perencanaan dan pengevaluasian kinerja perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara perusahaan yang hanya memiliki satu lini usaha terhadap perusahaan yang memiliki beberapa usaha.Jenis penelitian adalah bersifat komparatif (perbandingan) dengan populasi perusahaan manufaktur yang go public, dan sample penelitian ada sembilan perusahaan yang dibagi dengan lini bisnis yang dimiliki.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji bedaindependent t test dan Uji Beda ANOVA. Pemprosesan data menggunakan program SPSS 22, dengan menggunakan data rasio tiap sample yang akan di uji.Hasil Penelitian adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada perusahaan yang hanya memiliki satu lini usaha terhadap perusahaan yang memiliki beberapa lini usaha.Manajer sebaiknya memperhatikan nilai perusahaan supaya penggunaan strategi diversifikasi menjadi lebih baik dan efektif, guna meningkatkan nilai dan profit perusahaan.
Kata Kunci: diversifikasi usaha, rasio keuangan, industri manufaktur
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20961
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.