ANALISIS SEGMENTATION PSYCHOGRAPHIC, TARGETING, DAN POSITIONING MOTOR YAMAHA R25 PADA PT. HASJRAT ABADI OUTLET SAM RATULANGI MANADO

Gloria F. Warouw, Silvya L. Mandey, Rudy S. Wenas

Abstract


 

Abstrak : Persaingan yang semakin ketat saat ini, menuntut adanya keunggulan bersaing yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan, dan membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Jumlah pesaing yang semakin banyak membuat konsumen memiliki alternative pilihan yang banyak untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan harapannya. Untuk memenangkan persaingan tidak hanya sebatas menyususn bauran pemasaran sebagai taktik namun lebih dari itu juga untuk menyusun strategi segmenting, targeting marketing, dan positioning yang diinginkan peusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mengetahui Segmentasi pasar, Segmentasi Psychograohic, Targeting pasar, Positioning pasar motor Yamaha R25 di manado. Responden dalam penelitian sebanyak 80 responden dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Alat analisis ynag digunakan adalah analisis cluster dan analisis multidimensional scalling. Hasil penelitian ini mengunakan analisis cluster yaitu K-Means Cluster pada cluster 1 dan cluster 2 berisi responden di atas rata-rata dimana produk Yamaha sesuai kebutuhan konsumen. Hasil analisis multidimensional scaling menunjukan tidak ada kemiripan di antara kuadran. Dalam hal ini perusahaan harus mampu mempertahankan bahkan meningkatkan sumber daya manusia yang terlibat dalam perusahaan sehingga bisa meningkatkan daya jual dan minat bagi para konsumen untuk memilih motor Yamaha R25.

Kata Kunci : segmentasi psikografis, targeting, positioning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.