PENGARUH KOMPETENSI DAN DESAIN PELATIHAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN GURU SMA/SMK/MA MANADO PADA DINAS PENDIDIKAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA
Abstract
Abstrak : Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan, maka perlu memberikan perhatian besar kepada peningkatan guru baik dalam segi jumlah maupun mutunya. Efektivitas pelatihan merupakan hal yang sangat penting terutama untuk mengembangkan sumber daya manusia termasuk guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan desain pelatihan baik secara simultan maupun parsial terhadap efektivitas pelatihan guru SMA/SMK/MA Manado pada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 1543 guru, dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan Proportionate Stratified Random Sampling maka sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 94 guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi dan desain pelatihan terhadap efektivitas pelatihan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Secara parsial kompetensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pelatihan dan desain pelatihan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap efektivitas pelatihan. Mengingat kompetensi dan desain pelatihan berpengaruh positif dan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap efektivitas pelatihan maka Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara sebaiknya lebih meningkatkan lagi kompetensi yang dimiliki oleh peserta pelatihan dan desain pelatihan agar tercapainya tujuan pelatihan yang efektif.
Kata Kunci : kompetensi, desain pelatihan, efektivitas pelatihan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.