ANALISIS KOORDINASI DAN PENGAWASAN SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KARYAWAN PT. BERKAT NIKITA WAYA LANSOT DI MINAHASA UTARA
Abstract
Abstrak : Setiap perusahaan baik swasta maupun pemerintah akan berupaya menigkatkan kinerjanya agar dapat bersaing didunia bisnis. Koordinasi dan pengawasan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Koordinasi ialah proses pengintegrasian tujuan dan aktivitas di dalam suatu perusahaan atau organisasi agar mempunyai keselarasan di dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, oleh karena itu manajer harus mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya lain yang dimiliki organisasi tersebut. Pengawasan ialah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dalam pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara koordinasi dan pengawasan dengan kinerja karyawan pada PT. Berkat Nikita Waya Lansot di Minahasa Utara. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 34 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa secara simultan koordinasi dan pengawasan memiliki hubungan yang positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial koordinasi berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, dan pengawasan berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. PT Berkat Nikita Waya Lansot di Minahasa Utara sebaiknya memperhatikan variable koordinasi dan pengawasan agar kinerja pegawai semakin tinggi dan baik.
Kata Kunci: koordinasi, pengawasan, kinerja karyawanFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.