ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG ULANG PADA UKM D’CENDOL 77 DI EIC UNSRAT

Lydia V. Ilat, Sri . Murni, Parengkuan . Tommy

Abstract


Abstrak: UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan kegiatan usaha yang banyak diminati setelah terjadinya krisis ekonomi yang berdampak pada PHK pada perusahaan-perusahaan besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah produk, dan harga, berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang secara simultan di UKM D’Cendol EIC Unsrat. Penelitian ini adalah studi kuantitatif yang berlokasi di UKM D’77 di Entrepreneurial Innovation Center (EIC) Universitas Sam Ratulangi. Populasi sebanyak 50 konsumen dengan sampel 50 responden. Pengambilan sampel adalah sampel acak sederhana. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta analisis regresi Linier Berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian yaitu: produk dan harga secara simultan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian ulang UKM D’Cendol 77. UKM D’Cendol 77 dalam meningkatkan kinerja pemasarannya sebaiknya memfokuskan pada keputusan pembelian ulang dari para konsumennya yaitu para wanita muda dimana fokus utama adalah faktor harga yang dapat diterima oleh konsumen serta produk yang baik dan berkualitas.

 

Kata Kunci : produk, harga, keputusan pembelian ulang, usaha kecil dan menengah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.