PENGARUH KINERJA MANAJERIAL DAN PELAYANAN TERHADAP TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN GOJEK MANADO

Mubarrun Bin Basir Jaseh, Arrazi Hasan Jan, Merlyn . Karuntu

Abstract


Abstrak: Perkembangan dunia bisnis saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, persaingan yang kuat diantara sesama perusahaan menuntut setiap perusahaan berusaha dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kinerjanya. Tidak hanya itu, perusahaan juga harus mampu untuk mengatasi segala kendala yang dapat menghambat perkembangan perusahaan agar kelangsungan hidup perusahaan terjamin.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh kinerja manajerial dan pelayanan terhadap total quality management pada perusahaan gojek Manado. Jenis penelitian ini kuantitatif. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah para driver gojek yang ada di Manado. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 94 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan formula slovin. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kinerja manajerial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap total quality management. Variabel kinerja pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap total quality management. Dan kinerja manajerial dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap total quality management. Karena setiap variabel memiliki pengaruh yang signifikan. Untuk itu, perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan dan meningkatkan kinerja manajerial dan pelayanan agar total quality management perusahaan akan semakin lebih baik.

 

Kata Kunci: kinerja manajerial, kinerja pelayanan, manajemen mutu terpadu


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.