KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAERAH KOTA TOMOHON
Abstract
Abstrak: Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam suatu instansi. Agar manajemen berjalan dengan baik, instansi harus memiliki pegawai yang berkompeten, berketrampilan tinggi, pengalaman kerja yang cukup lama, serta usaha untuk mengelola instansi seoptimal mungkin sehingga kinerja pegawai meningkat. Kinerja pegawai merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya. Kinerja dari para pegawai harus mendapat perhatian dari para pimpinan, sebab menurunnya kinerja dari pegawai dapat mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi, pengalaman kerja dan kepemimpinan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 44 responden pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (primer) dan data dari instansi (data sekunder). Teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis uji F (simultan) dan uji T (parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, pengalaman kerja dan kepemimpinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Secara parsial kompetensi, pengalaman kerja, dan kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sebaiknya kepada pimpinan agar selalu menjadi teladan bagi pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon dalam meningkatkan kompetensi pegawai melalui pelatihan yang berkaitan dengan bidang tugas yang dijalaninya, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan pengalaman kerja melalui pelaksanaan tugas sesuai dengan kemampuan pegawai.
Kata Kunci : kompetensi, pengalaman kerja,kepemimpinan, kinerja pegawai
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.