PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA APLIKASI GOJEK (Studi Pada Pengguna Layanan Go-Ride Di Kota Manado)

Paulus A. Pangaila, Frederik G. Worang, Rudy S. Wenas

Abstract


Abstrak: Transportasi pada jaman ini sudah menjadi kebutuhan dari tiap manusia dimana transportasi membuat semua kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan lebih efektif dalam hal waktu. Seiring berkembangnya jaman membuat beberapa orang membuat inovasi dengan menggabungkan dunia transportasi dengan duni internet sehingga terbentuklah yang namanya transportasi online. Beberapa perusahaan transportasi online saling bersaing di Indonesia yaitu Gojek yang asli buatan Indonesia dan ada juga Grab yang berasal dari Malaysia, mereka bersaing dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik serta memberikan harga yang murah. Gojek memberi pelayanannya kepada pelanggan berupa memberikan masker dan helm. Untuk harga gojek memberikan harga dari Rp 4.000 dan seterusnya tergantung jarak yang dituju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan gojek di Kota Manado dan diambil sampel sebanyak 110. Metode pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dalam penelitian menunjukan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan serta memiliki pengaruh positif dan signifikan, maka sebaiknya pihak gojek lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan khususnya dibagian waktu oprasional kepada pelanggan dan memperhatikan dalam penetapan harga dengan maupun tidak menggunakan promo serta lebih memperkuat hubungan dengan pelanggan agar kepercayaan dari pelanggan lebih meningkat.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, harga, loyalitas pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.