ANALISIS RAMALAN PENJUALAN DAN PERSEDIAAN PRODUK SEPEDA MOTOR SUZUKI PADA PT SINAR GALESONG MANDIRI MALALAYANG
Abstract
Abstrak: salah satu faktor penting dalam perusahaan adalah peramalan. dengan peramalan perusahaan dapat mengetahui strategi apa yang akan digunakan untuk meningkatkan jumlah penjualan produknya. dengan mengetahui peramalan penjualan produk, maka dapat membantu perusahaan dalam menentukan jumlah produk yang seharusnya disediakan. tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui model ramalan mana yang paling cocok dengan realitas penjualan dan banyaknya tingkat persediaan apakah sesuai dengan ramalan yang dibuat. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu metode perhitungan time series. metode peramalan yang digunakan adalah moving average, weighted moving average, dan exponential smoothing. penggunaan ketiga metode peramalan tersebut untuk membandingkan metode peramalan yang lebih akurat dengan tingkat kesalahan (error) paling kecil. berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan ketiga metode menggunakan aplikasi pomqm, metode yang paling sesuai digunakan dengan tingkat kesalahan paling kecil yaitu metode moving average 3 bulanan dengan nilai mad, mse, dan mape paling kecil jika dibandingkan dengan metode peramalan lainnya. Sebaiknya perusahaan memiliki metode peramalan yang tetap dan tepat agar mengantisipasi beberapa hal yang dapat dihindari atau dicegah sehingga perusahaan bisa terbantu dalam pengambilan keputusan atau kebijakan yang sekiranya diperlukan perusahaan dalam meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Kata Kunci: peramalan penjualan, persediaan, moving average, weighted moving average, exponential smoothing
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.