PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. HASJRAT ABADI OUTLET YAMAHA KAROMBASAN DI MANADO

Clarisa Michella Rindengan, Lisbeth . Mananeke, Jane . Poluan

Abstract


Abstrak: Globalisasi informasi dan pertumbuhan teknologi saat ini menyebabkan persaingan antar perusahaan otomotif menjadi semakin ketat. Produsen harus memberikan sesuatu pengalaman yang menarik dan positif terhadap konsumen agar bisa bertahan dalam persaingan. Dengan persaingan yang semakin ketat PT Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Karombasan menggunakan strategi pemasaran experiential marketing yang meliputi sense, feel, think, act dan relate guna mendapat loyalitas dari pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah experiential marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Karombasan sebanyak 724 konsumen dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan experiential marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen PT Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Karombasan. Variabel sense, feel, think, dan act secara parsial tidak perbengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan relate secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan Eksperiental Marketing agar loyalitas konsumen dapat menjadi lebih baik.
Kata Kunci: rasa, perasaan, pola pikir, tindakan, hubungan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.6.4.2018.21212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.