ANALISIS PENENTUAN STRATEGI BERSAING PADA USAHA PENGOLAHAN IKAN PT. DEHO CANNING COMPANY BITUNG
Abstract
Abstrak: Strategi merupakan tindakan yang bersifat dinamis dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan prediksi tentang apa yang di harapkan oleh para konsumen dimasa yang akan datang. Selain mempertahankan dominasi pasar dalam ketatnya persaingan, perusahaan juga harus mengetahui kemana dan bagaimana pengembangan usaha yang akan dilakukan untuk menyelamatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah strategi bersaing yang akan diakukan selanjutnya pada usaha pengelolaan ikan PT. Deho Canning Company Bitung dan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi pada usaha pengelolahan ikan PT. Deho Canning Company Bitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Sumber data diperoleh melalui informan. Dari hasil peelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peluang adanya ancaman yang datang dari luar. Namun diluar ancaman ada peluang yang menjanjikan untuk PT. Deho Canning Company Bitung melakukan operasionalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan yang diperoleh, maka dapat diberikan saran yaitu dengan adanya masalah kekurangan bahan baku pada faktor internal PT. Deho Bitung untuk mencukupi permintaan konsumen, maka perusahaan saat ini menambah jumlah pasokan bahan baku guna mencukupi tingginya permintaan konsumen, serta daya beli masyarakat yang tinggi dan tingkat pertumbuhan perusahaan perikanan yang tinggi di PT. Deho Bitung.
Kata Kunci : strategi bersaing, analisis SWOT, pengolahan ikan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.