ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DI OUTLET CARDINAL MEGA MALL MANADO

Alfani P. Ompi, Jantje L. Sepang, Rudy S. Wenas

Abstract


Abstrak: Saat ini, banyak perusahaan ritel dibangun di Indonesia. Jenis produk yang dijual pun beragam dari ritel yang hanya menjual produk tertentu hingga ritel yang menjual berbagai macam jenis produk. Salah satu ritel yang menjual produk tertentu adalah ritel dalam bidang fashion. Namun, semakin banyak perusahaan ritel dalam bidang fashion yang dibangun maka semakin besar persaingan antara satu ritel dengan ritel yang lain. Menyikapi hal ini, pengusaha ritel harus lebih memperhatikan faktor˗faktor apa saja yang menyebabkan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pembelian impulsif produk fashion. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 99 sampel responden konsumen outlet Cardinal Mega Mall Manado. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa 17 variabel yaitu Diskon, Pemajangan Produk, Materialisme, Merek, Tata Ruang Toko Yang Menarik, Emosi Positif, Warna, musik, Pencahayaan, Aroma, Lokasi, Promosi Harga, Penggunaan Kartu Kredit, Bantuan Karyawan, Keterlibatan Fashion, Kebutuhan Konsumen Akan Keunikan dan Kesadaran Kebaruan Fashion membentuk menjadi 5 faktor penyebab pembelian impulsif yaitu faktor Display dan Suasana Toko, faktor Promosi Penjualan, faktor Gaya Hidup Berbelanja, faktor Keterlibatan Fashion dan faktor Emosi Positif. Outlet Cardinal Mega Mall Manado sebaiknya mempertahankan faktor˗faktor tersebut untuk lebih meningkatkan lagi pembelian impulsif konsumen.

 

Kata Kunci: ritel, pembelian impulsif, analisis faktor


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.