SEGMENTASI PASAR SEPEDA MOTOR HONDA REVO STUDY KASUS DI KACAMATAN KAWANGKOAN

Prisly . Rintjap, James D.D Massie, Rita N. Taroreh

Abstract


Abstrak: Persaingan yang terjadi di industri otomotif beberapa tahun ini telah memaksa industri otomotif berkompetisi dalam mengeluarkan produknya sepeda motor. Di antara produk honda yang terkenal, Honda Revo yang banyak diminati warga masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis segmentasi pasar sepeda motor Honda Revo di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Strategi pertumbuhan produk pasar terhadap produk Motor Honda Revo di Kecamatan Kawangkoan adalah dilakukan dengan strategi persaingan dengan melihat kondisi demografis, psikografis, perilaku dan geografis konsumen. Peluang pasar Sepeda Motor Honda Revo di Kecamatan Kawangkoan memiliki peluang yang cukup besar pada segi segmentasi demografis. Segmentasi di Kecamatan Kawangkoan dilakukan dengan mengikuti kriteria segmentasi yaitu melalui tahapan survey, tahap analisis dan tahap pembentukan. Demografis: Jika hendak merambah kalangan putus sekolah dan lainnya maka strategi promosi dan penjualan harus dievaluasi demi menunjang pemasaran produk, geografis: perlu dilakukan strategi baru dalam menunjang daya beli, psikografis dan perilaku: pihak menyiapkan sumber daya yang memiliki kualitas komunikasi serta mampu meyakinkan konsumen. Selain itu, ketersediaan sarana penunjang, halaman parkir dan lain sebagainya sehingga calon pembeli atau konsumen merasa nyaman.

 

Kata Kunci: segmentasi demografis, segmentasi psikografis, segmentasi geografis, dan segmentasi perilaku


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.