PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN EMOTIONAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH KOPI (STUDI KASUS PADA VAN OMMEN COFFEE MANADO)
Abstract
Abstrak: Gaya hidup masyarakat modern yang sering mengikuti tren berdampak pada bertambahnya peminat kopi khususnya yang ada di Manado. Ini menjadi suatu peluang bagi para pebisnis yang ada di kota Manado. Dapat dilihat dengan begitu banyaknya kedai atau rumah kopi yang telah dibuka di kota manado. Situasi seperti seperti ini membuat para pelaku bisnis harus bisa menerapkan strategi untuk menyentuh hati para peminat kopi di kota Manado. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Van Ommen Coffee Manado. Metode penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil dalam penelitian ini Experiential Marketing dan Emotional Marketing secara simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Experiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan Emotional Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan Van Ommen Coffee Manado. Pihak pengelolah Van Ommen Coffee Manado sebaiknya terus meningkatkan Experiential Marketing terhadap konsumen sehingga membuat pelanggan merasa dihargai dan merasa nyaman saat berada di tempat tersebut.
Kata Kunci: experiential marketing, emotional marketing, loyalitas pelanggan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.