EVALUASI MANAJEMEN OPERASIONAL TENAGA KERJA NON-MEDIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI RUMAH SAKIT GMIM KALOORAN AMURANG
Abstract
Abstrak: Keberadaan fasilitas kesehatan yang memadai di suatu daerah akan sangat menunjang seluruh kegiatan yang berlangsung. Tentunya fasilitas kesehatan itu juga harus didukung oleh para tenaga ahli diantaranya para dokter perawat dan para staf manajemen di rumah sakit. Akan tetapi pengembangan daripada kegiatan dan peningkatan kualitas di rumah sakit harus selalu dilakukan guna untuk dapat menghadapi persaingan sekarang ini. Salah satu cara untuk meningkatkan kegiatan operasional adalah dengan menerapkan Total Quality Management. TQM memiliki konsep untuk melakukan perbaikan mutu berkesinambungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen operasional di rumah sakit GMIM Kalooran Amurang dengan menggunakan pendekatan Total Quality Management. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan operasional tenaga non-medis di Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang telah memenuhi unsur-unsur indikator dari Total Quality Manaement lewat berbagai perbaikan dan keikutsertaan rumah sakit dalam kegiatan akreditasi, ini ditunjukkan dengan temuan dari data hasil wawancara yang dilakukan. Hal ini tentunya dapat membuat kualitas pelayanan di rumah sakit dapat terjaga dan terpercaya. Sebaiknya pihak rumah sakit juga terus berupaya agar tetap menjaga kualitas pelayana lewat berbagai perbaikan-perbaikan dan pembaruan-pembaruan mengikuti perkembangan yang ada selain lewat dari kegiatan akreditasi.
Kata Kunci: manajemen operasional, total quality management, evaluasi, kualitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21661
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.