ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN ( STUDI KASUS UMKM KULINER TINUTUAN DI MANADO)
Abstract
Abstrak : Pemasaran memiliki peran penting dalam keberhasilan perusahaan, terutama dalam menghadapi persaingan, mempertahankan keunggulan, dan mengembangkan usaha untuk senantiasa mencapai laba. Diduga kinerja pemasaran dipengaruhi oleh orientasi pasar dan keunggulan bersaing yang dirasakan oleh pemilik usaha tinutuan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi pasar dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan. Keunggulan bersaing merupakan kemampuan suatu usaha untuk memberikan nilai lebih pada produknya. Kinerja Pemasaran merupakan suatu kinerja perusahaan yang diukur dari aspek pemasarannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif. Populasi adalah pemilik / pengelola usaha tinutuan di Manado yang berlokasi di Wakeke, Ranotana dan pantai Malalayang. Pengumpulan data melalui survey dari 135 konsumen diambil sebanyak 58 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan orientasi pasar dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Secara parsial orientasi pasar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Secara parsial keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pemilik usaha tinutuan disarankan untuk lebih meningkatkan lagi orientasi pasar agar dapat meningkatkan kinerja pemasaran UMKM di Manado.
Kata kunci : orientasi pasar, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21906
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.