PENGARUH NILAI PELANGGAN, PENGALAMAN PEMASARAN, DAN PSIKOLOGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. HASJRAT ABADI

Jilly C. Panambunan, Willem J. F. A. Tumbuan, Bode . Lumanauw

Abstract


Abstrak: Perkembangan informasi dan pertumbuhan teknologi saat ini menyebabkan persaingan antar perusahaan otomotif menjadi semakin ketat. Produsen membuat konsumen lebih pintar membanding-bandingkan produk sebelum memilih dan membeli produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Munculnya para pesaing dalam penjualan sepeda motor, perusahaan diminta agar bisa menciptakan nilai pelanggan, pengalaman pemasaran, dan psikologi pemasaran dalam produk tersebut agar konsumen merasakan kepuasan ketika membeli produk di PT. Hasjrat Abadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, pengalaman pemasaran, dan psikologi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di PT. Hasjrat Abadi. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai pelanggan, pengalaman pemasaran dan psikologi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima. Manajemen PT. Hasjrat Abadi sebaiknya memperhatikan nilai pelanggan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan, menambah nilai manfaat pada saat pembelian atau penggunaan motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi.

 

Kata Kunci: nilai pelanggan, pengalaman pemasaran, psikologi pemasaran, kepuasan Pelanggan

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.