ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI MOBIL PADA PT. HASJRAT ABADI CABANG TENDEAN DI MANADO
Abstract
Abstrak: Pendistribusian dalam perusahaan merupakan faktor penting untuk perusahaan industri dalam menyalurkan produk hingga ke tangan konsumen. Pendistribusian yang dilakukan dengan baik dan benar dapat menjamin kualitas produk agar tetap aman dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Sebuah perusahaan harus menetapkan strategi distribusi yang tepat sehingga dapat terhindar dari kerugian, karena distribusi merupakan suatu rantai yang saling terkait. PT. Hasjrat Abadi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri otomotif, perusahaan berusaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan cara mendirikan Main Dealer dan Outlet di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran distribusi yang diterapkan PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan perusahaan menggunakan saluran distribusi tingkat nol dan tingkat satu. Dalam pendistribusian mobil yang dijalankan oleh perusahaan sering terjadi keterlambatan yang diakibatkan spesifikasi mobil yang dipesan konsumen tidak tersedia. Sebuah strategi yang tepat akan baik jika diselaraskan dengan pengawasan aktivitas distribusi yang maksimal. Persediaan mobil di gudang PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean cukup banyak, namun akan lebih baik jika persediaan mobil yang tersedia di gudang lebih bervariasi, hal ini baik adanya untuk mencegah keterlambatan pengiriman.
Kata Kunci : distribusi, saluran distribusi, strategi distribusi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21909
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.