PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA, KUALITAS LAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI PADA PT. SINAR GALESONG MANDIRI MALALAYANG MANADO
Abstract
Abstrak : Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini penggunaan internet sudah tidak asing lagi untuk memasarkan suatu produk. Pemasaran dengan strategi promosi melalui internet khususnya dengan social media (jejaring sosial) dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. Dengan jejaring sosial tersebut, akan terbentuk strategi komunikasi pemasaran yang efektif yaitu word of mouth. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi promosi melalui social media, kualitas layanan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki pada PT. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 407 unit dan Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif statistik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi promosi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu perusahaan disarankan untuk komunikatif menciptakan informasi yang positif tentang produk dan selalu berinteraksi dengan konsumen, terutama strategi promosi melalui social media. Perusahaan juga disarankan untuk meningkatkan intensitas word of mouth marketing dalam akun social media.
Kata Kunci : strategi promosi melalui sosial media, kualitas layanan, word of mouth.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.